4:14 AM
0
orthochristian.com

1.  Judul.
     Nama kitab diambil dari nama penulisnya yaitu Habakuk. Kata ini berasal dari bahasa Ibrani CHABAQ yang artinya ‘memeluk’. Apa maksudnya ? Kita harus memahaminya dalam bentuk aktif, ‘seseorang yang memeluk atau bergantung.’  Dalam kebingungannya karena akan diserbu, sang nabi akhirnya bergantung pada Yahwe sebagai Tuhan keselamatannya dan kekuatannya.
2.  Penulis.
     Kitab ini ditulis oleh Habakuk (1:1). Habakuk mengidentifikasikan dirinya sebagai seorang nabi (1:1; 3:1). Selain itu ia juga seorang imam. Hal ini nyata dari doa-doa serta pujiannya yang selalu diakhiri dengan pernyataan ‘untuk pemimpin biduan, dengan musik kecapi.’
3.  Tahun penulisan.
     Karena kitab ini mengantisipasi datangnya serbuan tentara Babel yang terkenal kehebatannya, Habakuk mungkin melayani pada masa pemerintahan Yoyakim, Raja Yehuda.  Babel belum menyerang Yehuda (1:6; 2:1) dan nubuat Habakuk disampaikan tak lama sebelum penyerbuan Babel sekitar tahun 606 sM. Oleh karena itu penulisan kitab ini sekitar tahun 606 sM.
4.  Tema.
     Tema kitab ini yaitu pergumulan dan kemenangan. Kitab ini menjelaskan kebingungan Habakuk menjelang datangnya serbuan Babel yang bengis. Hal ini terkait dengan masalah iman yaitu:
·        Mengapa Allah tidak menjatuhkan hukuman atas kejahatan yang semakin meningkat dan merajalela di Yehuda (1:1-4).
·        Mengapa Allah yang kudus memakai bangsa lalim seperti Babel sebagai alat penghakiman (1:12 – 2:1).
Habakuk menggumuli kebingungan itu dalam terang firman Tuhan, yang akhirnya menyingkapkan teka-tekinya, sehingga kitabnya ditutup dengan Mazmur kemenangan. Kitab ini boleh juga disebut THEODICY, pembelaan terhadap kebaikan dan kuat kuasa Allah untuk mengatasi kejahatan.
5.   Garis besar.
      I.   Kebingungan Habakuk : Iman teruji (1-2).
A.  Persoalan pertama: Mengapa Allah mengijinkan kejahatan ?
B.  Jawaban pertama dari Allah.
C.  Persoalan kedua: Mengapa Allah memakai bangsa lalim ?
D.  Jawaban kedua dari Allah.
      II.  Pujian Habakuk: Iman berkemenangan (3).
A.  Pujian bagi pribadi Allah.
B.  Pujian bagi kekuatan Allah.
C.  Pujian untuk tujuan Allah.
D.  Pujian iman kepada Allah.

0 komentar:

Post a Comment